Cara Membuat Website

Cara Membuat Website : Saat ini website menjadi satu hal yang sudah mulai biasa kita dengar. dan kata ini sudah mulai akrab di pembicaraan kalangan umum. banyak orang ingin memiliki website saat ini. terlepas dari masing-masing tujuan awal mereka untuk memiliki website, baik untuk sekedar menulis cerita pribadi, untuk membranding diri, bahkan untuk menghasilkan. untuk itu kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat website.

Jika teman-teman ingin membuat website, terdapat banyak pilihan. secara umum pilihannya adalah membuat website yang gratisan dan membuat website berbayar dengan domain sendiri. adapun website gratis, teman-teman bisa mencoba membuat website atau blog dengan menggunakan wordpress.com atau blogspot (blogger.com) milik google.
jika menggunakan fasilitas gratis ini, konsekuensinya adalah link website atau blog teman-teman nantinya berakhiran dengan tempat teman-teman membuat blog tersebut. misalnya : namaanda.blogspot.com, atau namaanda.wordpress.com

Adapun jika ingin memiliki website dengan domain yang lebih pribadi dan lebih profesional, teman-teman dapat menggunakan domain (Top Level Domain) semacam dot com (.com), .net, .org, .info, .co.id dan semisalnya. domain ini harus disewa untuk jangka waktu yang teman-teman ingin memilikinya, dan minimal sewa satu tahun. harga sewa domain satu tahun biasanya 90 ribu rupiah. domain tersebut dapat teman-teman beli di perusahaan-perusahaan penyedia domain.

Domain yang sudah dibeli tidak langsung bisa "online", ia harus dihubungkan lagi ke hosting. hosting diibaratkan sebagai "gudang" tempat menyimpan semua file-file pendukung website teman-teman. hosting ini juga ada yang gratis dan berbayar. jika ingin mencoba hosting gratis, coba mendaftar di 000webhost.com atau penyedia hosting gratis terpercaya lainnya. silahkan di googling yah :)
Untuk hosting yang lebih aman dan nyaman, teman-teman dapat menyewa hosting sendiri pada perusahaan-perusahaan penyedia hosting. Harga / biaya sewa hosting saat ini juga tergolong murah kok. tergantung kapasitas yang teman-teman inginkan. paket paling murah, teman-teman bisa mendapatkan dengan harga 60 ribu rupiah per tahun. silahkan teman-teman cari penyedia hosting terpercaya indonesia melalui google.

Di postingan cara membuat website kali ini kita coba untuk membuat website atau blog gratisan terlebih dahulu. untuk cara membuat blog dengan Blogspot (blogger) sudah pernah kita bahas sebelum ini di posting sebelumnya : "cara membuat blog".
Kali ini kita akan coba membuat website atau blog di wordpress.com. Oke, berikut adalah cara membuat website dengan wordpress :

1. buka situsnya di id.wordpress.com untuk pilihan yang berbahasa indonesia.

2. Klik pada tulisan "Mulailah Blog wordpress Anda", seperti pada gambar dibawah ini :


3. teman-teman akan diarahkan ke formulir pembuatan website

4. Isilah kolom-kolom yang disediakan, seperti Nama teman-teman, alamat email, Domain atau alamat website nantinya, Judul Blog, Bahasa yang digunakan, dan informasi tambahan lainnya.

5. Jika semua nya sudah terisi dengan benar, silahkan teman-teman klik "daftar"

6. Jika berhasil, maka teman-teman akan dikirimi email aktivasi blog ke email yang dipakai ketika mendaftar diatas.

Cek email tersebut dan klik link aktivasinya.

7. Selamat... Website / blog anda sudah Jadi dan aktif. :)


8. Simpan username dan password yang diberikan melalui email. dan teman-teman dapat merubahnya melalui dashboard web teman-teman di wordpress.

9. Silahkan utak-atik semua fitur yang ada di wordpress. untuk tahap pertama, coba buat postingan atau artikel baru di blog / website teman-teman.

Oke, sekian dulu tutorial cara membuat website atau lebih khususnya cara membuat blog / website di wordpress ini ya. semoga tulisan cara membuat website ini bermanfaat.

Thanks
CaraCiri

Cara Membuat Website Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Hanya komentar untuk berbagi, Jangan Untuk SPAM. Ok :)