Cara Membuat Robot Elektronik dengan Mudah bagi Pemula

Untuk teman-teman yang sedang mencari referensi dan bacaan mengenai cara membuat robot sederhana, kali ini kita akan membahasnya. robot yang akan kita buat ini adalah jenis robot yang sederhana seperti terlihat pada gambar dibawah.

robot tersebut akan kita buat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan tidak memerlukan banyak biaya.

Untuk cara membuat robotnya sendiri, silahkan ikuti 7 langkah membuat robot berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus diambil adalah menyiapkan semua bahan. Yaitu tempat batter dengan ukuran 2 battre. Ini dapat diperoleh dari toko elektronik dengan harga Rp.1000,- . Bahan yang kedua adalah SPDT Switch/Mikro sebanyak 2 buah, barang ini dapat dibeli seharga Rp.1500,- pada toko elektronik. Sediakan juga klip kertas secara cukup. Jika anda ingin menggunakan konektor terminal kabel ada juga dapat mempersiapkannya. Jangan lupa siapkan juga dinamo motor mainan sebanyak 2 buah, anda juga bisa mendapatkan ini dari mainan yang telah rusak seperti yang ada pada tamiya, yang pasti anda harus memastikan bahwa dynamo tersebut masih berfungsi.
  2. Anda perlu meletakkan kedua SPDT Switch pada atas tempat batter, lalu anda dapat merekatkannya dengan menggunakan lem power. Setelah itu buat kaki SPDT Switch yang paling atas kedua-keduanya agar saling meyentuh dan kemudian anda solder. Lalu buat kaki tengah keduanya kita sambung menggunakan kawat dan lalu di solder. Jangan lupa tempelkan kedua dynamo ke samping tempat battre dengan menggunakan lem bakar atau lem power.
  3. Hubungkalah kaki yang paling bawah SPDT Switch yang kiri dengan bagian kiri kaki dynamo, begitu juga untuk bagian kanan menggunakan kawat dan disolder.
  4. Sambungkanlah bagian belakang tempat battre dengan kabel dengan cara di solder. Perlu diingat pastikan tidak mensolder terlalu lama karena dapat merusak tempat battre. Lalu kabel merah sambungkan ke kaki bagian atas SPDT Switch dan kabel hitam ke kaki bagian tengah SPDT Switch dan solder.
  5. Langkah kelima cara membuat roda untuk bagian belakang menggunakan klip. Caranya luruskan dahulu klik dengan tang dan masukkan pada lubang butiran. Dan setelah itu tempelkan pada belakang tempat battre menggunakan lem.
  6. Buat anthena menggunakan klip kertas. Caranya luruskan klip itu dengan tang lalu lekukkan perlahan dan setelah itu masukkan klip ke dalam konektor terminal dan jepit perlahan agar kenacang. Seteleh itu masukkan ke besi SPDT Switch.
  7. Buatlah badan dengan tutup botol plastik, tutup itu bisa juga dicat sesuai dengan yang anda inginkan.
Demikianlah tutorial singkat dan langkah-langkah dalam membuat Robot Elektronik sederhana dengan mudah. Teman-teman dapat mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih kreatif, lebih besar dan bermanfaat. selamat mencoba dan semoga anda berhasil membuat robot yang bermanfaat ke depannya.

Cara Membuat Robot Elektronik dengan Mudah bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Carapedia

0 comments:

Posting Komentar

Hanya komentar untuk berbagi, Jangan Untuk SPAM. Ok :)